Kasus Covid-19 di China Melonjak, Apple Bakal Pindahkan Tempat Produksi Perangkat ke India

– Apple berencana untuk meningkatkan produksi perangkatnya di luar China. Dikutip dari Tech Times, Selasa (24/5/2022) rencana Apple ini disebabkan kota Beijing masih dalam situasi penguncian wilayah akibat melonjaknya kasus Covid 19. Menurut The Wall Street Journal, India dan Vietnam, dipilih untuk menjadi lokasi produksi raksasa teknologi itu.

Kedua negara tersebut termasuk di antara negara negara yang dipandang Apple sebagai pilihan alternatif selain China. Langkah yang diambil Apple sebagai pertimbangan untuk mengurangi ketergantungan mereka pada China dalam hal manufaktur atau bahan utama. Menurut analis, lebih dari 90 persen produk Apple, termasuk iPhone, iPad, dan laptop MacBook, diproduksi di China oleh kontraktor luar.

Pada April lalu, Chief Executive Officer Apple Tim Cook berbicara tentang tantangan rantai pasokan perusahaan. Dia mengatakan rantai pasokan mereka bersifat global, dan produknya dibuat di mana mana. Penguncian wilayah yang diberlakukan di Shanghai, China, dan kota kota lain sebagai bagian dari kebijakan mengatasi penyebaran Covid 19 negara itu telah mengganggu rantai pasokan bagi banyak perusahaan Barat. Sementara itu, Apple melihat India memiliki potensi yang sama dengan China untuk memproduksi perangkatnya. Mengingat India dan China memiliki populasi penduduk yang hampir sama dan menawarkan biaya ekspor yang rendah.

India telah memproduksi 3,1 persen dari iPhone dunia pada tahun 2021, dan proporsinya diperkirakan meningkat menjadi 6 persen atau 7 persen pada tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.