Kenali Hiponatremia dan Dampaknya Pada Kesehatan

Minum menjadi kebutuhan yang harus ditunaikan oleh manusia, selain makan. Setiap harinya, tubuh kita memerlukan cairan yang cukup, agar bisa beraktivitas dengan baik. Banyak ajakan pada setiap orang untuk memenuhi kebutuhan cairan, demi menghindari dehidrasi. Namun di situasi tertentu, ada sebagian orang yang mengonsumsi air secara berlebihan. Nyatanya, minum air terlalu banyak dengan waktu singkat dapat berakibat fatal dan bisa menyebabkan hiponatremia. Hal ini diungkapkan oleh dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia.

"Karena di dalam tubuh kita ada mineral yang berguna untuk berlangsung proses kimia di dalam tubuh, baik otot jantung, dan otot tubuh, untuk persyarafan dan sebagainya," papar dr Santi pada kanal YouTube Sonora FM, Rabu (27/7/2022). Menurut dr Santi, jumlah mineral itu harus pas. Tidak boleh kurang atau pun berlebih. Air yang berlebih dalam tubuh berakibat melarutkan natrium dan membuat kadarnya menurun. Ia menyebutkan, kondisi ini jarang terjadi. Hanya saja jangan disepelekan. Beberapa dampak yang bisa terjadi akibat hiponatremia adalah konsentrasi berkurang, tubuh menjadi tidak seimbang, dan osteoporosis.

Sementara pada hiponatremia cenderung lebih berbahaya, yaitu pembengkakan otak yang bisa menyebabkan koma dan bahkan kematian. "Kan jumlah mineral tetap di dalam tubuh. Kalau memasukkan air banyak banyak, makan mineral ini akan terencer kan sehingga jadi tidak cukup. Minum itu harus dicicil. Sedikit demi sedikit tapi sering," tutup dr Santi. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.