Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 16: Sistem Reproduksi Perempuan

Berikut adalah kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 halaman 16. Di halaman 16, siswa diminta untuk melengkapi struktur organ penyusun sistem reproduksi pada peempuan. Coba perhatikan dan pahami keterangan organ organ penyusun sistem reproduksi perempuan.

Kemudian, perhatikan gambar tentang struktur organ penyusun sistem reproduksi pada perempuan dan lengkapilah nama organ organ tersebut sesuai dengan keterangan. Jawaban: A. Ovarium (indung telur)

B. Tuba fallopi (oviduk) C. Infundibulum D. Fimbriae

E. Uterus (rahim) F. Endometrium (dinding rahim) G. Servik (leher rahim)

H. Vagina 1. Ovarium Struktur berbentuk seperti telur, berjumlah dua buah, terletak di samping kanan dan kiri rahim (uterus) dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum). 2. Saluran telur (Tuba fallopii/ Oviduk)

Saluran dengan panjang ±10 cm yang menghubungkan ovarium dengan rahim (uterus). 3. Infundibulum Struktur yang berbentuk seperti corong dan merupakan ujung dari tuba fallopii. 4. Rahim (uterus) Struktur seperti buah pir yang berfungsi sebagai tempat berkembangnya janin selama kehamilan.

5. Endometrium Lapisan yang membatasi rongga rahim dan meluruh saat menstruasi. 6. Serviks Struktur rahim bagian bawah yang menyempit dan membuka ke arah vagina. 7. Vagina Saluran yang menghubungkan lingkungan luar dengan rahim, saluran mengalirnya darah menstruasi, dan saluran keluarnya bayi.

Fimbriae Struktur berjumbai seperti jari jemari yang berfungsi menangkap sel telur. Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.