Menpora: Hasil Final Piala AFF tidak Akan Pengaruhi Kontrak Pelatih Shin Tae Yong

"Saya lihat dia akan terus, tidak ada perubahan apapun hasil final ini dia tetap akan dipertahankan." Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mendukung keputusan PSSI yang pertahankan pelatih Shin Tae Yong, meskipun Indonesia kalah 0 4 melawan Thailand di final Piala AFF leg pertama, Rabu, (29/12/2021). "Pemerintah dukung putusan PSSI," kata Amali usai sidang kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (30/12/2021).

Amali mengatakan Shin Tae Yong dikontrak PSSI untuk Piala Dunia U 20 pada 2023 mendatang. Oleh karena itu hasil final Piala AFF tidak akan mempengaruhi kontrak Shin Tae Yong. "Saya lihat dia akan terus, tidak ada perubahan apapun hasil final ini dia tetap akan dipertahankan," katanya. Terkait kekalahan tim Sepak Bola Indonesia oleh Thailand dalam Final Piala AFF leg pertama dengan skor 0 4 tersebut, menurut Amali dari segi peringkat Indonesia jauh di bawah Thailand.

Meskipun demikian skuad Garuda sudah berjuang dalam pertandingan tersebut. "Saya kira anak anak kita sudah berjuang, cuma memang kan pertama di peringkat FIFA Thailand jauh di atas kita," kata Amali. Selain itu menurut Amali, timnas Indonesia yang bertanding di Piala AFF merupakan skuad muda yang disiapkan untuk Seagames.

Sementara timnas Thailand merupakan tim senior. "Tim yang dibawa ke Singapura ini tim pemain muda yang disiapkan untuk Seagames melawan tim senior yang Thailand tim yang sudah jadi, ada pengalaman dan sebagainya," katanya. Dalam pertandingan final leg pertama, menurut Amali Timnas Indonesia tampak kaget karena kebobolan di menit awal.

Hal itu menyebabkan Timnas tertekan sepanjang pertandingan. "Semalam saya lihat anak anak kita tetap tunjukan perlawanan walaupun keliatan tertekan apalagi seolah olah kaget begitu kemasukan menit menit awal, itu kan membuat orang kaget kok tiba tiba kemasukan." "Itu yang membuat tertekan," pungkasnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong menegaskan bahwa perebutan gelar juara AFF 2020 belum berakhir. Timnas Indonesia memang takluk dengan skor besar dari Thailand 4 0 di leg pertama, akan tetapi menurut Shin Tae yong apapun masih bisa terjadi pada leg kedua nanti. Shin Tae yong berharap Asnawi dkk. bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya di pertandingan penentuan nanti.

“Memang kalau lihat hasil dari pertandingan hari ini memang tidak mungkin tapi bola itu masih bundar,” kata Shin Tae yong seusai laga kontra Thailand, Rabu (29/12/2021). “Kami belum menyerah. Kami akan kerja keras sampai akhir. Untuk fans Indonesia juga tetap dukung kami supaya mendapatkan hasil yang baik,” sambungnya. Seperti diketahui, dalam pertandingan leg pertama ini tim Thailand tampil sangat dominan dengan catatan penguasaan bola 67% berbanding 33%.

Empat gol Thailand diciptakan oleh Chanathip 2’,52’, Supachok 67’ dan Bordin Phala 83’. Sementara itu Indonesia terlihat sangat sulit membongkar pertahanan Thailand. Bahkan catatan sepakan ke gawang Indonesia hanya tercatat empat kali sedangkan Thailand 19 kali. Dengan hasil ini, Indonesia harus kerja keras pada leg kedua yang bergulir pada Sabtu, 1 Januari 2022 di Stadion Nasional Singapura.

Bila Indonesia gagal di leg kedua, ini akan menjadi runner up keenam sepanjang keikutsertaannya di AFF dan empat kali kalah dari Thailand di babak final.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.