UPDATE Invasi Rusia ke Ukraina Hari ke-20, Berikut Peristiwa yang Terjadi

Perang yang berlangsung di Ukraina telah memasuki hari ke 20, Selasa (15/3/2022). Seperti diketahui, Rusia menginvasi Ukraina pada Kamis (24/2/2022). Seorang pegawai televisi Channel One milik pemerintah Rusia menginterupsi siaran berita dengan meneriakkan "No War".

Pegawai tersebut juga memegang poster bertuliskan "Jangan percaya propaganda. Mereka berbohong padamu di sini." Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyambut aksi tersebut dengan ucapan terima kasih. "Saya berterima kasih kepada orang orang Rusia yang tidak berhenti berusaha menyampaikan kebenaran," kata Volodymyr Zelensky.

China memutuskan untuk memberikan Rusia dukungan ekonomi dan keuangan selama perang di Ukraina. Tiongkok kini mempertimbangkan untuk mengirim pasokan militer seperti drone bersenjata, pejabat AS diklaim takut. Penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, memaparkan kasus AS terhadap invasi Rusia dalam pertemuan tujuh jam yang "intens" di Roma dengan mitranya dari China, Yang Jiechi, menunjukkan bahwa Moskow telah berpura pura tertarik pada diplomasi sambil mempersiapkan invasi.

Menurut Sullivan militer Rusia dengan jelas menunjukkan tanda tanda kelemahan. Sebelumnya, dilaporkan bahwa AS telah memberi tahu sekutu bahwa China “merespons positif” permintaan Rusia untuk peralatan militer, klaim yang dibantah Beijing. Seorang pegawai televisi Channel One milik negara Rusia menginterupsi siaran TV pemerintah Rusia dengan meneriakkan “No War”.

Pegawai tersebut memegang papan bertuliskan “Jangan percaya propaganda. Mereka berbohong padamu di sini.” Poster yang dipegang oleh Marina Ovsyannikova pada Senin malam (14/3/2022) juga bertuliskan, dalam bahasa Inggris, “Rusia menentang perang”. Protes itu disambut oleh presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Saya berterima kasih kepada orang orang Rusia yang tidak berhenti berusaha menyampaikan kebenaran," kata Zelensky. Pembicaraan Rusia Ukraina akan berlanjut pada Selasa (15/3/2022), kata Zelensky. Dalam pidatonya pada Senin malam (14/3/2022), Zelensky juga meminta tentara Rusia untuk menyerah.

Berbicara kepada mereka secara langsung, Zelensky berkata: “Untuk apa Anda mati?… Jika Anda menyerah kepada pasukan kami, kami akan memperlakukan Anda sebagai manusia yang harus diperlakukan, dengan bermartabat.” Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia mungkin berencana untuk menggunakan senjata kimia atau biologi dalam "serangan palsu" di Ukraina atau "penemuan bertahap" agen biologis. “Hampir semua kemajuan Rusia di Ukraina terhenti," kata seorang pejabat senior pertahanan AS selama briefing latar belakang, CNN melaporkan.

Pasukan Rusia yang bergerak di Kyiv tidak mengalami kemajuan yang berarti selama akhir pekan. Sekutu dekat Putin, kepala penjaga nasional Viktor Zolotov, menyalahkan kemajuan yang lebih lambat dari yang diharapkan pada apa yang dia klaim sebagai pasukan sayap kanan Ukraina bersembunyi di belakang warga sipil. Presiden AS Joe Biden sedang mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan ke Eropa untuk pertemuan langsung dengan sekutu NATO, lapor Reuters.

Biden dapat bertemu dengan para pemimpin lain di Brussel pada 23 Maret dan kemudian melakukan perjalanan ke Polandia, kata laporan itu. Sebuah konvoi lebih dari 160 mobil berangkat dari Mariupol hari ini, kata pejabat setempat, dalam apa yang tampaknya merupakan upaya pertama yang berhasil untuk mengevakuasi warga sipil dari kota Ukraina yang dikepung. Setelah beberapa hari gagal mengirimkan pasokan ke Mariupol dan memberikan jalan keluar yang aman bagi warga sipil yang terperangkap, dewan kota mengatakan gencatan senjata lokal sedang berlangsung dan konvoi telah berangkat ke kota Zaporizhzhia.

Wali Kota Kharkiv Ihor Terekhov mengatakan kota itu terus menerus diserang oleh pasukan Rusia, lapor Reuters.Ihor Terekhov Berbicara di televisi nasional, Terekhov mengatakan pasukan Rusia telah menembaki distrik distrik pusat yang menyebabkan jumlah korban yang tidak ditentukan. Sebuah serangan udara Rusia menghantam sebuah bangunan tempat tinggal di Kyiv, ketika pasukan Moskow meningkatkan kampanye brutal mereka untuk merebut ibu kota Ukraina dan kota kota besar lainnya.

"Satu orang ditemukan tewas di gedung apartemen sembilan lantai itu," kata para pejabat. Tiga orang lagi dirawat di rumah sakit ketika sirene serangan udara terdengar di ibu kota dan kota kota lain beberapa jam sebelum negosiator Ukraina dan Rusia melanjutkan pembicaraan. Pabrik pesawat Antonov di Kyiv ditembaki oleh pasukan Rusia, kata pemerintah kota Kyiv dalam pembaruan di akun Telegram resminya pada Senin pagi.

Setidaknya dua orang tewas dan tujuh terluka, katanya. Pihak berwenang Ukraina membantah tuduhan oleh Rusia setelah sebuah rudal Ukraina diduga meledak di kota Donetsk yang dikuasai separatis yang menewaskan 20 warga sipil. Juru bicara militer Ukraina Leonid Matyukhin mengatakan rudal itu, yang membawa pecahan hulu ledak, sebenarnya adalah roket Rusia.

Klaim Rusia dan Ukraina tidak dapat diverifikasi secara independen. Ada laporan bahwa pasukan Rusia meledakkan bahan peledak di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia Ukraina. Parlemen Ukraina sebelumnya mengatakan pasukan Rusia berencana untuk memulai "pembuangan" amunisi di depan pabrik Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.

Sedikitnya sembilan orang dilaporkan tewas dan sembilan lainnya terluka dalam serangan udara di sebuah menara televisi di wilayah utara Rivne Ukraina hari ini. "Masih ada orang di bawah puing puing," kata gubernur Vitaliy Koval dalam sebuah posting online, lapor Reuters. Sedikitnya 90 anak telah tewas dan lebih dari 100 terluka di Ukraina sejak Rusia menyerang pada 24 Februari, kata kantor kejaksaan umum Ukraina.

"Jumlah korban tertinggi berada di wilayah Kyiv, Kharkiv, Donetsk, Chernihiv, Sumy, Kherson, Mykolayiv dan Zhytomyr," katanya dalam sebuah pernyataan. Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, mengatakan pasukan Rusia "berperilaku seperti teroris" dan Putin telah memulai "perang skala penuh" di pusat Eropa yang bisa "menjadi perang dunia ketiga". Berbicara di depan majelis parlemen Dewan Eropa, dia mengatakan Eropa “memilih jalan untuk menenangkan agresor” selama bertahun tahun daripada “mempertahankan nilai nilai demokrasi, supremasi hukum dan hak asasi manusia”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.